Cara Menggunakan Pivot Tabel di Excel

rdytea.com - Pivot tabel adalah salah satu tool pada ms office excel yang berpungsi untuk membuat data laporan yang cepat, pivot tabel sangat mudah untuk digunakan oleh semua orang karena menghitung tanpa menggunakan rumus excel.

Pada kali ini saya akan memberikan bagaimana cara menggunakan pivot tabel yang benar karena masih banyaknya yang menanyakan kenapa tidak sejajar dalam laporannya tidak beraturan, kenapa kebawah datanya tidak kesamping dan masih banyak lainnya.

Di dalam penggunaan pivot tabel data yang akan dibuat penjumlahan / laporan cepat agar sesuai dengan yang diinginkan yaitu data haruslah di isi, tidak boleh ada data yang kosong karena jika ada data yang kosong maka pivot tabel tidak akan membacanya dan cendrung akan acak-acakan kebawah.

Contoh tabel yang benar untuk membuat pivot tabel :


Cara Menggunakan Pivot Tabel di Excel

Pada tabel diatas adalah data stock op name baju PT. Maju Mundur yang dihitung per size dan per ukuran dan ingin diketahui jumlahnya dengan menggunakan pivot tabel untuk laporan kepada atasan.

Cara yang harus dilakukan adalah blok tabel yang sudah di beri border yang akan dihitung dengan pivot tabel seperti gambar berikut :

Cara Menggunakan Pivot Tabel di Excel

Coba perhatikan baik-baik tabel yang di blok, setelah di blok lalu masik tab insert dan pilih di pojok kiri atas ada tool pivot tabel dan silahkan pilih maka akan keluar dialog box dengan tanda tabel yang di blok lalu tekan OK.

Cara Menggunakan Pivot Tabel di Excel

Setelah itu silahkan pilih data yang akan ditampilkan, saya disini mencoba menampilkan data total data ukuran baju tersebut.


Bagimana sangat mudah bukan untuk membuat pivot tabel pada microsoft office word, semoga tutorial excel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan dan jika ada hal yang kurang mengerti dapat menanyakan secara langsung di kolom komentar dibawah.

0 Response to "Cara Menggunakan Pivot Tabel di Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel