Pasti Bisa! Cara Mudah Menghitung Jumlah IP Address dari Subnet Mask

rdytea.com - Pada kesempatan kali ini rdytea akan membahas bagaimana cara menghitung ip address dengan cara yang sangat mudah, jumlah ip address dapat dihitung dengan cara subnetting melalui subnet mask.

Untuk pertama kali orang yang mengenal subnetting tentu akan terasa sulit dan pusing karena banyak perhitungan dan konon katanya harus yang pinter matematika padalah tidak perlu karena cara menghitung dapat dilakukan oleh siapa saja menggunakan alat yang namanya kalkulator.

Karena ketakutan yang berlebih tentu akan menjadikan hal ini sulit dan itu juga saya rasakan ketika itu, bahkan jika kalian langsung menyerah untuk mempelajari cara subnetting ini maka di jamin tidak akan bisa sampai kapanpun. Maka dari itu pelajari cara ini dengan memahaminya langkah demi langkah agar dapat mengerti caranya.

Cara Mudah Menghitung IP Address dari Subnet Mask


Pasti Bisa! Cara Mudah Menghitung Jumlah IP Address dari Subnet Mask

Coba perhatikan gambar diatas yang memiliki 2 contoh (example), untuk contoh 1 dengan Subnet Mask 255.255.255.0 memiliki 254 Host atau 254 IP Address yang dapat digunakan untuk 253 komputer.
Kenapa 253 komputer yang dapat menggunakan, padahal disitu tertera 254 Host ?
Mungkin itu akan timbul pertanyaan, kalian tidak perlu bingung karena di dalam sebuah jaringan komputer memiliki 1 buah Gatway dan salah satu dari IP Address itulah yang akan dijadikan sebuah Gatway Address atau mudahnya Gatway adalah IP Address yang dijadikan pemimpin / koordinasi dari sebuah jaringan.
Bagaimana cara menghitung jumlah 254 Host ?
Seperti pada judul diatas cara menghitung IP Address adalah dari Subnet Mask dengan teknik yang sering orang bilang adalah subnetting. Untuk mengetahuinya yang pertama kita harus sepaham dulu IP Address terdiri dari kode / bilangan biner 1 dan 0 tidak ada angka lain dan 1 disebut Bit.

Pada tutorial ini yang digunakan adalah 4 Oktet dengan jumlah Bit sebanyak 32-Bit karena kebanyakan jaringan komputer biasanya menggunakan IPv4 (Internet Protocol versi 4) yang terdiri dari 4 Oktet, meskipun sudah di kembangkan ke IPv6 tetapi untuk cara perhitungannya tetaplah sama yang berbeda adalah jumlah Host maksimalnya yang dapat diisi.

Oktet dan Bit dalam Subnet Mask


Pasti Bisa! Cara Mudah Menghitung Jumlah IP Address dari Subnet Mask

Cara menghitung Bit adalah dengan kelipatan sebanyak 8-Bit yang menghasilkan jumlah angka 255 dimulai dari angka 1, jadi perhitungannya seperti ini ( 1+1+1+1+1+1+1+1 = 1+2+4+8+16+32+64+128 = 255 ). dan itu disebutkan bilangan 256, ya saya disini tidak salah sebut karena bilangan awalnya dari 0 jadi penulisan adalah tetap 255.

Pada contoh 1 diatas jumlah Bit hanya sampai 24 atau orang biasanya menyebut dengan istilah Prefix 24 atau dengan tanda /24 disebut Prefix.

NA               : 192.168.0.0/24
Host Awal    : 192.168.0.1/24
Host Akhir   : 192.168.8.254/24
BA                : 192.168.8.255/24

Dari tulisan warna merah sudah dapat kita ketahui kenapa jumlahnya 254 Host, karena ternyata dikurangi 2 Host default sebagai yaitu Network Address yang mengambil awal Host dan Broadcast Address yang mengambil akhir Host atau orang lain juga ada yang menyebutnya Network ID dan Broadcast ID.

Untuk menentukan jumlah Bit kalian juga dapat menentukannya dengan pangkat untuk menghasilkan bilangan
Pasti Bisa! Cara Mudah Menghitung Jumlah IP Address dari Subnet Mask

Jumlah perhitungan pangakt diatas tentu kurang jika ingin menghitung lebih besar, silahkan dikembangkan lagi sambil belajar.

Sampai disitu kalian sudah berhasil menghitung jumlah IP Address, Sangat mudah bukan untuk menentukan jumlah host dalam teknik subnetting IP Address, Jika sudah bisa silahkan kalian kerjakan contoh 2 (example 2) dan berikan hasilnya di kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

0 Response to "Pasti Bisa! Cara Mudah Menghitung Jumlah IP Address dari Subnet Mask"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel