Cara Mudah Membuat Installer USB (Bootable) dengan Rufus Untuk Install Windows / Linuk

rdytea.com - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat bootable installer untuk intall sebuah sistem operasi baik itu windows ataupun linuk dengan cara yang sangat mudah tanpa perlu ribet karena menggunakan sebuah software portabel yaitu Rufus.

Apa itu Rufus ? Rufus adalah aplikasi / software utilitas dengan size kecil yang dapat membantu untuk membuat perangkat USB Flash seperti flashdisk, kartu memori dan sejenisnya menjadi bootable (seperti sebuah CD/DVD).

Meskipun Rufus ukurannya sangat kecil dibandingkan utilitas lainnya tetapi kegunaan Rufus sangat luar biasa karena dapat membuat bootable dari berbagai format seperti MS-DOS, FreeDOS, ISO Image dan DD Image. Salah satu yang yang sering digunakan dalam hal ini adalah membuat installer sistem operasi windows ataupun linuk dengan format ISO Image.

Rufus 2.18.1213 adalah versi teranyar dari terbitnya tutorial ini, untuk menjalankan rufus sangatlah mudah karena hanya dengan double klik kiri saja maka software akan tampil. Jika belum mempunyai Software Rufus silahkan Download Rufus terlebih dahulu, jika sudah silahkan ekstrak file dan jalankan.

Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable USB


Cara Mudah Membuat Installer USB (Bootable) dengan Rufus Untuk Install Windows / Linuk

Rufus akan mendeteksi otomatis flashdisk anda yang berada di komputer kurang lebih seperti gambar diatas, jika flashdisk tidak terdeteksi maka semua isi dalam kotak merah diatas tentu akan kosong, untuk mengaturnya cukup mudah.

Perhatikan gambar diatas yang saya tidak beri komentar, silahkan seleksi file iso windows / linuk anda di lokasi yang anda simpan dan pilih open maka biasanya rufus akan mendeteksi otomatis jenis OS pada file ISO anda, jika tidak berubah berarti silahkan sesuaikan jenis type disk di kolom pilihan kedua sebelum membuat bootable. Caranya juga cukup mudah hanya merubah jenis type disk yang akan digunakan. (MBR untuk membuat bootable Windows dan GPT untuk membuat bootable linuk). 

Jika sudah maka hanya tinggal pilih Start dan tunggu proses sampai selsai dan jika muncul dialog box tekan OK saja. Proses akan memakan waktu yang cukup lama maka silahkan sambil bekerja atau ngopi-ngopi dulu. :D

Itulah cara mudah membuat installer USB dengan rufus yang dapat digunakan untuk install windows di flasdisk ataupun instal linuk di flasdisk. Semoga tutorial ini bermanfaat dan dapat membantu kalian, jika ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar dibawah!

0 Response to "Cara Mudah Membuat Installer USB (Bootable) dengan Rufus Untuk Install Windows / Linuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel